Header Ads

Transfer Google URL Shortener ke Firebase Dynamic Links



Loading...
Google URL Shortener (goo.gl) dirilis pada tahun 2009 sebagai bentuk usaha google untuk membantu bagi pengguna agar lebih mudah berbagi tautan dan mengukur lalu lintas online. Semenjak itu, banyak bermunculan layanan pemendek URL yang memiliki fungsi lain sebagai menyembunyikan url konten asli di Internet.

Baru-baru ini kabar menyebutkan bahwa google akan menghentikan layanan goole url selama beberapa minggu kedepan dan menggantinya dengan layanan Firebase Dynamic Links (FDL). Dynamic Links adalah URL cerdas yang dapat digunakan untuk mengirim pengguna dan calon pengguna ke lokasi mana pun dalam aplikasi iOS atau Android.

Mentransfer Google URL Shortener ke Firebase Dynamic Links

Untuk Pengguna (User) Lama.
Mulai 13 April 2018, pengguna anonim dan pengguna yang belum pernah membuat tautan pendek sebelum hari ini tidak akan dapat membuat tautan pendek baru melalui konsol goo.gl. Karena bila ingin membuat tautan pendek baru, sebaiknya menggunakan Firebase Dynamic Links atau bisa juga menggunakan layanan populer lainnya seperti Bitly dan Ow.ly sebagai alternatif.

Bila anda telah memiliki tautan pendek goo.gl, anda dapat terus menggunakan semua fitur konsol goo.gl untuk jangka waktu satu tahun hingga 30 Maret 2019, ketika pihak google akan menghentikan konsol sepenuhnya. Jadi anda tetap dapat mengelola semua tautan singkat dan analitik google melalui konsol goo.gl selama periode tersebut.

Setelah 30 Maret 2019, semua tautan akan terus dialihkan ke tujuan yang dimaksud. Tautan singkat yang ada tidak akan dimigrasikan ke konsol Firebase, namun, anda dapat mengekspor informasi tautan anda dari konsol goo.gl.

Untuk pengembang (Developer).
Mulai 30 Mei 2018, hanya proyek yang telah mengakses API pemendek URL sebelum hari ini dapat membuat tautan pendek. Untuk membuat tautan pendek baru, google menyarankan penggunaan API FDL. Tautan pendek FDL akan secara otomatis mendeteksi platform pengguna dan mengirim pengguna ke web atau aplikasi anda sebagaimana mestinya.

Jika anda sudah menghubungi URL Shortener API untuk mengelola tautan pendek goo.gl, anda dapat terus menggunakannya untuk jangka waktu satu tahun, hingga 30 Maret 2019, ketika google akan menghentikan API.

Karena untuk pengguna/konsumen (user), semua tautan akan terus dialihkan ke tujuan yang dimaksudkan setelah 30 Maret 2019. Namun, tautan pendek yang ada tidak akan dimigrasikan ke Firebase console / API.

referensi:
https://firebase.google.com/products/dynamic-links/?hl=id
https://developers.googleblog.com/2018/03/transitioning-google-url-shortener.html
Diberdayakan oleh Blogger.