Mengenal Jenis-Jenis Lisensi Dari Sistem Operasi Windows - Hanyalah Berbagi Informasi

Mengenal Jenis-Jenis Lisensi Dari Sistem Operasi Windows




Ketika anda membeli lisensi untuk sistem operasi Windows pastikan anda telah mengetahui jenis-jenis lisensi yang akan anda gunakan nantinya. Karena bila anda salah membeli jenis lisensi bisa saja anda akan kecewa dibuatnya. Kecewa yang dimaksud disini bukan karena kecewa telah ditipu key lisensi yang dibeli adalah bukan lisensi yang asli/bukan bajakan tetapi lisensi yang dibeli bukan yang anda harapkan (bukan peruntukannya) dan perlu diketahui bahwa masing-masing versi memiliki distribusi, aktivasi, maupun maintenance yang berbeda.

Pada operasi sistem Windows, jenis lisensi yang paling umum dikenal adalah Retail (Full Packaged Product), OEM (Original Equipment Manufacturer) dan Volume License. Setiap jenis lisensi Windows tersebut memiliki batasan-batasan hak/lisensi serta menerapkan penggunaan yang berbeda berdasarkan Ketentuan Lisensi Perangkat Lunak dari Microsoft.

Mengenal Jenis-Jenis Lisensi Dari Sistem Operasi Windows

Macam-Macam Jenis Lisensi Operasi Sistem Windows
Jadi sebelum anda membeli key lisensi Windows, anda harus tahu perbedaan-perbedaan dari masing-masing lisensi Retail, Lisensi OEM dan Lisensi Volume. Dibawah ini sedikit penjelasan dari masing-masing lisensi Retail, OEM dan Volume.

Jenis Lisensi Retail
Retail sebenarnya ditujukan untuk kalangan konsumen secara langsung dalam bentuk DVD Box atau "boxed copy" dilengkapi sertifikat COA (Certificate of Authenticity) merupakan bukti keaslian berbentuk stiker dan hologram yang berisi serial number windows). Jenis Retail merupakan lisensi dengan harga yang paling mahal. Karena penggunaannya tanpa batas dari mengupgrade, install ulang atau mentransfer lisensinya ke komputer lain selama tidak terinstall kedalam dua komputer secara bersamaan, dan ini disebut juga Full License.

Jadi bila anda menginstal Windows dengan menggunakan lisensi retail dan ingin menggunakan lisensi nya juga pada komputer lain, maka komputer yang sudah terlisensi tadi harus menghapus lisensi terlebih dahulu, dengan perintah di command prompt:

slmgr.vbs /upk

Bagi pengguna atau konsumen yang sudah memiliki product key original baik itu versi FPP atau OEM di OS sebelumnya misalnya dari Windows 7 ke Windows 8 atau ke Windows 10 biasanya microsoft akan menawarkan versi ini dengan harga yang lebih murah dan ini disebut juga Upgrade License.

Dari penjelasan diatas, jadi versi lisensi Retail sebenarnya terbagi dalam dua perjanjian lisensi yaitu Full License dan Upgrade License.

Jenis Lisensi OEM
Kunci produk yang dikeluarkan oleh Original Equipment Manufacturer (OEM) tidak dapat dijual kembali dan tidak dapat ditransfer ke komputer lain. Karena perjanjian lisensi ini biasanya sudah pre-installed atau sudah terinstall secara otomatis ke dalam sebuah komputer/laptop artinya kunci produk akan tertanam dalam chip firmware UEFI. Jadi ketika anda melakukan install ulang, biasanya versi OEM tidak membutuhkan serial number lagi.

Dengan versi OEM ini kita tidak perlu bingung untuk menginstall ulang device dari awal atau disibukkan kembali akan mencari driver yang cocok. Karena pada komputer tersebut telah disediakan partition recovery yang berisi image instalasi Windows yang dapat digunakan untuk melakukan proses restore Windows (factory reset) ke kondisi semula sewaktu sistem tersebut mengalami masalah.

Jenis Lisensi Volume
Volume License dijual kepada sebuah perusahaan / institusi berdasarkan suatu perjanjian. Dengan jumlah quantity tertentu dan dilengkapi dengan seritifikat bukti kepemilikan. Versi ini yang disebut juga volume license key (VLK) biasa diaktivasi dengan metode MAK (Multiple Activation Key).

Cara Melihat Informasi Aktivasi, Lisensi, dan Tanggal Kadaluarsa
Nah, bila anda pengguna sistem operasi Windows dan saat ini belum mengetahui jenis lisensi apa yang anda gunakan silahkan ketik perintah yang tertera dibawah ini melalui command prompt:

slmgr.vbs /dli

Sebagai contoh hasil yang ditampilkan dari tiga jenis lisensi bisa terlihat pada gambar dibawah ini:

Retail Activation

OEM Activation

Volume Activation

Bila tertulis seperti gambar-gambar diatas dengan masing-masing versi lisensinya yang tertulis Licensed pada License Status, maka saat ini Windows yang anda gunakan adalah asli dan original.

Mengenal Jenis-Jenis Lisensi Dari Sistem Operasi Windows Mengenal Jenis-Jenis Lisensi Dari Sistem Operasi Windows Reviewed by Om Rudi on Maret 30, 2017 Rating: 5

Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.