Cara Mudah Membatasi Koneksi Internet Dengan Menggunakan Satu Router - Hanyalah Berbagi Informasi

Cara Mudah Membatasi Koneksi Internet Dengan Menggunakan Satu Router




Cara Membatasi Koneksi Internet - Membatasi koneksi internet sebenarnya banyak caranya, salah satu yang paling mudah adalah dengan memanfaatkan fitur yang sudah disediakan pada perangkat modem/router internet yang dimiliki. Pembahasan membatasi koneksi internet di blog ini sekiranya sudah ada beberapa artikel yang saya publish.

Seperti pada artikel dengan judul: (Baca: Panduan Bagaimana Cara Membatasi Kecepatan Internet), disitu saya bahas secara tuntas bagaimana cara membatasi bandwith internet anda dengan menggunakan satu router (home gateway) dan satunya lagi sebagai pengontrol bandwith.


Selain itu bagi anda yang menggunakan android pun bisa mengatasi atau menghemat Kuota Saat Tethering Wifi Hotspot sehingga anda dapat memonitor penggunaan paket data internet.
(Baca: Tips Gampang Menghemat Kuota Saat Tethering Wifi Hotspot dari Android).

Namun artikel kali ini saya publish menjawab pertanyaan dari rekan pengunjung blog ini yang bertanya di kolom komentar yang intinya bagaimana cara membatasi koneksi internet dengan hanya menggunakan satu router saja?

Secara singkat menjawab bahwa itu semua bisa dilakukan, dan pada artikel kali inilah saya akan berikan panduannya bagaimana cara membatasi koneksi internet dengan menggunakan satu router.

Router yang saya gunakan masih sama yaitu Router TP-Link MR-3420 karena memang fitur-fiturnya cukup lengkap.

Mari kita simak bersama..

Kita asumsikan koneksi internet yang akan disetting berjalan dengan baik dan normal pada router/modem anda, jadi disini kita hanya membahas bagaimana cara pembatasan koneksi internet saja. 

Kita lanjut.. mula-mula silahkan masuk ke router anda, dan disini alamat router saya adalah: 192.168.10.1, dan berikutnya akan diminta untuk memasukan user dan password.

Setelah masuk, silahkan rujuk ke menu DHCP > DHCP Settings, lalu aktifkan DHCP Server yang fungsinya adalah untuk membatasi IP address client yang akan terkoneksi ke router. Sebagai contoh saya membatasi hanya dari IP address 192.168.10.100 sd 192.168.10.199 saja, sehingga bila ada client/user yang terkoneksi ke router maka akan diberikan rentang IP address tersebut. Lihat dan ikuti seperti gambar dibawah.


Selanjutnya, adalah bagaimana cara membatasi koneksi internet yang digunakan client/user dari batasan IP address yang telah kita setting tersebut diatas. Pembahasan lengkapnya silahkan baca artikel berikut ini, silahkan disimak pada paragraf: Setting Bandwidth Control pada Router TP Link TL-MR3420.

Bila anda sudah memahami pada artikel tersebut, sebenarnya pembahasan pada judul artikel kali ini sudah selesai. Namun untuk pertanyaan dari sobat mengujung blog ini sudah barang tentu belum terjawab.

Pertanyaan mendasarnya bagaimana bila seorang admin router yang terhubung ke internet melalui jaringan wi-fi yang dia buat tetap berjalan dengan normal tanpa ada bantasan bandwith. Sementara bila terkoneksi ke jaringan tersebut maka ip address yang diberikan adalah range dari settingan diatas yaitu 192.168.10.100 sd 192.168.10.199.

Untuk menjawab pertanyaan ini adalah dengan menggunakan fitur Address Reservation, fitur ini memungkinkan kita mensetting dan memberikan IP address secara khusus/pesanan yang sifatnya permanen sesuai keperluan menggunakan alamat Mac Address. Artinya kita sebagai admin bisa memberikan IP address apakah antara range IP address yang dibuat sebelumnya, atau di luar range ip address tersebut.

Karena kasusnya adalah agar seorang admin bisa ber-internet secara normal tanpa dibatasi koneksinya, sudah barang tentu alamat IP addressnya diluar renge IP address yang kita buat diatas (192.168.10.100 sd 192.168.10.199).

Cara Membatasi Koneksi Internet Dengan Menggunakan Satu Router
Untuk melakukannya silahkan rujuk ke menu DHCP > Address Reservation, lalu klik Add New..


Lihat pada huruf a, terlihat saat ini perangkat android Samsung Galaxy J7 Prime saya mendapat IP address 192.168.10.103. Untuk merubahnya silahkan masukan alamat Wi-Fi MAC Android ke kolom menu DHCP address reservation. Berikutnya pada huruf b, silahkan masukan alamat IP address yang ingin di buat, sebagai contoh saya memasukan 192.168.10.10. (diluar range ip address client).

Pastikan statusnya: Enabled lalu akhir Save.


Lihat daftar address reservation terdaftar. Sampai disini anda wajib melakukan booting/restart router.. silahkan lakukan....

Setelah restart, coba anda lihat kembali pada menu DHCP Clients list, maka akan terlihat perangkat yang baru saja kita daftarkan mendapatkan IP address 192.168.10.10 dengan batas sewa (lease time) / status permanen.

Dan di perangkat juga terlihat ip address yang didapatkan adalah sama seperti yang ada di router.


Sampai disini anda sebagai admin bisa ber-internet, secara normal.

Selanjutnya saya akan bahas sedikit bagaimana bila client mengubah alamat ip address diperangkatnya dengan harapan sama seperti yang diharapkan seorang admin tanpa ada batasan koneksi internet.

Mari kita simak yang saya lakukan dibawah ini. Terlihat setelah saya memasukan secara manual di laptop saya ACER Aspire E5-473G dengan mengganti alamat IP address menjadi 192.168.10.11 hasilnya laptop saya tidak bisa terhubung ke internet.


Jadi jangan ragu untuk melakukan cara ini karena dijamin aman terhadap pengguna-pengguna yang ingin mengakali koneksi internet anda.

Semoga bermanfaat.

Cara Mudah Membatasi Koneksi Internet Dengan Menggunakan Satu Router Cara Mudah Membatasi Koneksi Internet Dengan Menggunakan Satu Router Reviewed by Om Rudi on Maret 10, 2017 Rating: 5

Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.