Perlukah Membackup Key Aktivasi Windows 10? - Hanyalah Berbagi Informasi

Perlukah Membackup Key Aktivasi Windows 10?




Mungkin bagi pengguna Windows 10 bertanya-tanya bagaimana cara Backup Aktivasi Windows 10? dengan harapan suatu saat ingin melakukan install ulang dapat melakukan restore aktivasi kembali, sehingga Windows 10 tetap teraktivasi seperti sebelum melakukan install ulang. Manfaat lain dari back up aktivasi Windows adalah pengguna tidak perlu menyimpan kunci produk ( Product Key ) untuk mengaktifkan Windows setelah instalasi baru atau instal ulang.

Sebelumnya, ketika pengguna berhasil mengaktifkan Windows 7, Windows 8 atau Windows 8.1 maka Windows akan menyimpan informasi aktivasi dalam file sistem. Dengan menggunakan semacam tool pencadangan aktivasi Windows (Windows activation backup tools) maka memungkinkan pengguna untuk bisa mengembalikan file yang sama ketika pengguna melakukan instalasi bersih atau menginstal ulang Windows. Baca juga: Cara Mencari Produk Key Windows Bagi Pemula.


Perlukah Melakukan Backup Aktivasi di Windows 10?
Inilah pertanyaan yang juga umum ditanyakan pengguna. Sampai saat ini (penulis belum menemukan) tidak/belum ada tool untuk melakukan backup aktivasi Windows 10 dan yang ada hanya mendukung back up Windows 7/8 / 8.1 aktivasi. Sebut saja misalnya Advanced Tokens Manager (tool gratis untuk pencadangan aktivasi Windows) tidak mendukung Windows 10 dan ini bisa saja menjadi kabar buruk.

Namun Kabar baiknya adalah Anda tidak perlu melakukan pen-cadangan aktivasi Windows 10 bila melalui upgrade dari Windows 7, Windows 8 atau Windows 8.1 ke Windows 10 menggunakan upgrade gratis. Ini juga berlaku jika Anda melakukan instalasi bersih (clean installation) dari Windows 10 dan mengaktifkan Windows 10 tersebut menggunakan kunci produk Windows 8.1 / 8/7.

Hal ini karena ketika Anda meng-upgrade ke Windows 10 menggunakan upgrade gratis dan berhasil mengaktifkan Windows 10 atau ketika Anda mengaktifkan Windows 10 menggunakan kunci product Windows 7/8/8.1 / 8/7, Microsoft memberikan hak digital (Digital License) pada PC Anda. Hak Digital yang sama ini pun akan secara otomatis diaktifkan (digunakan) pada Windows 10 ketika Anda melakukan install ulang untuk edisi Windows 10 yang sama pada PC yang sama nantinya.



Lalu bagaimana bila Windows 10 tidak secara otomatis aktif ketika selesai melakukan install ulang?
Bila anda mengalaminya, Anda dapat menghubungi tim dukungan Microsoft untuk mendapatkan salinan aktivasi Windows 10. Dalam beberapa kasus, tim dukungan Microsoft mungkin perlu untuk mengakses PC anda untuk memastikan PC yang digunakan memang menjalankan salinan aktivasi Windows 10 yang valid sebelum melakukan clean install atau menginstal ulang.

Singkatnya, tidak ada cara di luar sana untuk membuat cadangan (backup) aktivasi Windows 10 dan memang cara tersebut sudah tidak diperlukan jika anda melakukan upgrade ke Windows 10 menggunakan program upgrade gratis atau yang disebutkan pada penjelasan diatas.

Perlukah Membackup Key Aktivasi Windows 10? Perlukah Membackup Key Aktivasi Windows 10? Reviewed by Om Rudi on Maret 29, 2017 Rating: 5

Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.