Tidak Bisa Masuk ke Pengaturan Bios? Ini Masalah dan Cara Mengatasinya - Hanyalah Berbagi Informasi

Tidak Bisa Masuk ke Pengaturan Bios? Ini Masalah dan Cara Mengatasinya




Pernahkah anda mengalami dimana anda tidak bisa masuk ke Bios pada PC/komputer anda? Ya, setelah artikel ini di publish saya mengalaminya yaitu tidak bisa masuk ke bios yang biasanya menekan tombol F2 pada saat setelah menekan tombol power. Seketika saya pun bingung kenapa di PC tidak menampilkan tampilan pesan perintah menekan F2 untuk masuk ke bios. Karena cukup kebingungan akhirnya saya pun mencari cara memperbaiki komputer yang tidak bisa masuk bios.

Masalah ini terjadi dari pengalaman yang baru saja ketika saya ingin melakukan install ulang "reinstall" Windows 8.1 Pro pada laptop yang saya miliki. Karena saat ini modus bootnya langsung dari hardisk maka wajib diganti dan dilakukan proses setting booting awalnya ke dvd rom sebagai media installan-nya. Sayang karena tidak bisa masuk ke bios maka saat itu tidak bisa melakukan install ulang.


Lalu kenapa tidak bisa masuk ke pengaturan bios, apa masalahnya?
Baiklah, mari kita cari.. Ketika sistem dimulai (booting) mengalami masalah seperti menampilkan pesan error pada saat startup. Pesan-pesan ini mungkin berasal dari sistem BIOS (ROM BIOS atau UEFI firmware) atau mungkin dihasilkan oleh Windows. Ini terjadi biasanya disebabkan sebagai berikut :
  • Sistem disk cacat (Invalid system disk
  • Kegagalan boot (Boot failure)
  • Error hardisk (Hard disk error)
  • file boot loader hilang (NT boot loader missing)
  • Operasi Sistem tidak ditemukan/hilang (Missing operating system)

Namun bila anda tidak bisa masuk ke pengaturan bios, maka masalahnya berbeda yaitu ada dua penyebab umum yang menyebabkan tidak bisa masuk kepengaturan BIOS yaitu:

Fast Boot telah diaktifkan
Fast Boot adalah fitur BIOS yang berfungsi mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk boot komputer. Bila diaktifkan, maka anda tidak dapat menekan F2 untuk masuk ke pengaturan BIOS karena mouse USB dan keyboard tidak akan berfungsi sampai sistem operasi benar-benar telah djalankan. Untuk mematikan fast Boot maka simak panduannya dibawah ini :
  1. Pastikan sistem dimatikan, dan tidak dalam Hibernate atau mode Sleep (Agar lebih yakin copot baterai laptop)
  2. Tekan tombol Power dan tahan. Sistem akan memancarkan tiga beep pendek dari speaker laptop/PC. (Coba pasang headphone ke jack audio panel depan untuk mendengar bunyi bip).
  3. Setelah bunyi beep tersebut, lepaskan tombol power 4 detik sebelum komputer akan shutdown.
  4. Tombol power akan ditampilkan, silahkan tekan tombol F3 untuk menonaktifkan Fast Boot.

Resolusi HDMI pada monitor tidak didukung.
Jika anda menggunakan monitor HDMI atau HDTV yang tidak mendukung resolusi dari 1024x768, Anda tidak dapat mengakses pengaturan BIOS ketika menekan tombol F2. Untuk mengatasinya maka dengan mengupgrade firmware bios masalah pun dapat diatasi.

Pada beberapa kasus cara mengatasi tidak bisa masuk ke pengaturan bios belum berhasil dengan melakukan cara diatas. Ya, cara yang saya lakukan adalah dengan melepas hardisk beserta baterai dari laptop lalu kira-kira kurang lebih 1 menitan saya pasang kembali ke posisi semula lalu mencoba kembali masuk ke pengaturan bios dengan menekan tombol F2, dan tadaaaa akhirnya berhasil. Pengaturan booting yang semula dari Hardisk ke DVD rom pun bisa dilakukan.

Baiklah semoga tips mengenai Tata Cara Mengatasi dan memperbaiki komputer yang tidak bisa masuk bios yang saya berikan ini bermanfaat untuk anda semua.

Tidak Bisa Masuk ke Pengaturan Bios? Ini Masalah dan Cara Mengatasinya Tidak Bisa Masuk ke Pengaturan Bios? Ini Masalah dan Cara Mengatasinya Reviewed by Om Rudi on Februari 28, 2017 Rating: 5

Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.