Tangkal Berita Hoax di Media Sosial dengan Cara Jitu Ini - Hanyalah Berbagi Informasi

Tangkal Berita Hoax di Media Sosial dengan Cara Jitu Ini




Tangkan Berita Hoax - Oleh Netizen kerap menjadikan media sosial (medsos) sebagai rujukan informasi, namun tidak semua informasi yang bertebaran di media tersebut diakui kebenarannya. Dengan maksud menghina atau merendahkan pihak lain, yang dilakukan oleh pengguna tak bertanggungjawab maka disebarkanlah informasi-informasi hoax yang sifatnya masif.

Dengan kemampuan literasi yang cukup rendah terhadap informasi, media hingga media sosial, maka sebagian masyarakat sangat gampang tertelan 'terperdaya' dengan konten yang tidak keruan. Tentu awalnya dari pendidikan yang rendah. Dan akibatnya, orang akan mudah mempercayai hoax dan malah ikut menyebarkannya.

Di Media Sosial, berita hoax sepertinya tidak terbendung dalam hal upaya mempengaruhi, bahkan hal ini berdampak di dunia nyata atau offline. Seperti di Twitter, atau headline-nya di Facebook biasanya orang yang hanya melihat judulnya saja apakah itu benar atau tidak yang penting cocok menurut mereka itu urusan belakang. Dan walaupun mereka membaca isi artikelnya, seringkali dengan cepat menyimpulkan.

Nah, dibawah ini saya share bagaimana cara menangkal berita hoax di media sosial seperti disadur dari situs detikcom berikut:

Jangan Langsung Sebarkan, dan jangan Jari Lebih Cepat dari Pikiran Anda


"Thing Before Share" artinya anda harus sudah memiliki akan Literasi Informasi yaitu kemampuan untuk tahu kapan ada kebutuhan untuk informasi, untuk dapat mengidentifikasi, menemukan, mengevaluasi, dan secara efektif menggunakan informasi tersebut untuk isu atau masalah yang dihadapi (kemampuan memahami dan mendekonstruksi).

Tangkal Berita Hoax di Media Sosial dengan Cara Jitu Ini


Jangan Hanya Membaca Judul Saja
Banyak postingan-postingan yang memberikan judul untuk menarik penasaran anda. Jadi jangan terkecoh dengan judul yang menarik terlebih lagi sifatnya provokatif, karena biasanya judul postingan tidak sesuai dengan isi berita/artikel. So, sebelum menyebarkan baca terlebih dahulu sebelum menyebarkannya.

Cek dan Ricek
Cek-lah sesering mungkin sebelum menjadikan referensi dengan cara melakukan cek ke media lain dengan tujuan melihat bagaimana sudut pandang dari media tersebut terhadap hal yang sama.

Ikuti "Follow" Akun-akun yang terpercaya
Ingat saat ini banyak sekali akun-akun yang tidak bisa dipertanggung jawabkan dengan begitu masifnya menyebarkan berita hoax, oleh karena itu lebih bijak sekali bila anda hanya mengikuti akun-akun yang terpercaya saja dan selanjutnya unfollow saja akun-akun yang memberikan informasi tidak akurat.

Saring dengan fitur di Media Sosial
Setiap media sosial funya fasilitas menyaring infromasi, termasuk didalamnya menyaring kata kunci "keyword" agar informasi yang mengalir ke "otak" bersih dari sampah informasi.


Tangkal Berita Hoax di Media Sosial dengan Cara Jitu Ini Tangkal Berita Hoax di Media Sosial dengan Cara Jitu Ini Reviewed by Om Rudi on Februari 08, 2017 Rating: 5

Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.