Daftar Aplikasi Boros Pemakaian Kuota Internet, dan Bagaimana Mengatasinya - Hanyalah Berbagi Informasi

Daftar Aplikasi Boros Pemakaian Kuota Internet, dan Bagaimana Mengatasinya




Aplikasi Andorid Boros Pemakaian Kuota Internet - Bagi pengguna smartphone, selain baterai android yang mudah cepat habis, masalah yang umum lainnya adalah kuota internet yang cepat habis. Dalam menjalankan satu aplikasi, seringkali pengguna tidak sadar kuota internetnya sudah mau atau telah habis. (Baca: Bagaimana Menghemat Kuota Internet di Android agar Hemat, Ini Caranya).

Dua hal tersebut lah yang sering dikeluhkan para pengguna smartphone masa kini. Terkait data internet, dimana teknologi yang semakin hari semakin laju membuat kebutuhan data akan internet menjadi lebih boros. Agar kejadian tersebut tidak menimpa anda, ada baiknya mengenali berbagai aplikasi yang rakus data, karena ternyata ada beberapa aplikasi yang diam-diam menyedot kuota internet secara drastis.

Daftar Aplikasi Boros Pemakaian Kuota Internet, dan Bagaimana Mengatasinya

Hal yang perlu dilakukan terhadap Aplikasi boros kuota internet
Pada artikel kali ini saya tidak mereview akan aplikasi-aplikasi yang cukup deras menyedot data anda. Namun sekedar diketahui saja bahwa setidaknya setelah anda mengetahui aplikasi-aplikasi apa saja yang rakus akan data, anda bisa mulai mengaturnya. Bisa saja dengan cara mengurangi pemakaian, memakai hanya saat terhubung dengan WiFi, atau mengaturnya untuk mematikan fitur-fitur tertentu. Selain itu pula kurangi berbagi internet menggunakan fitur tethering wi-fi hotspot android karena ini juga bagian dari cepatnya kuota data tersedot karena sifat berbagi internet. (Baca: Tips Gampang Menghemat Kuota Saat Tethering Wifi Hotspot dari Android).

Ingin tahu apa saja aplikasinya? berikut tujuh aplikasi android rakus dan boros kuota internet yang wajib anda ketahui.

Google Play Store
Daftar Aplikasi Boros Pemakaian Kuota Internet, dan Bagaimana Mengatasinya

Pada dasarnya aplikasi Google Play Store ini tidak menguras data. Walaupun aplikasi ini adalah aplikasi store resmi buatan google yang memang sudah tertanam di android anda, kuota data pasti cepat habis bila anda bersuka ria mendownload berbagai aplikasi dan game.

Parahnya lagi, fitur auto-update aplikasi anda aktif tentu ini akan menjadi penyebab utama kuota tiba-tiba habis. Aplikasi google play store kerap menyediakan update rutin dua minggu sekali. Alangkah lebih baik jika Anda mengaktifkan auto-update hanya saat terhubung hanya melalui jaringan WiFi saja atau sekalian untuk matikan fitur ini sehingga kita bisa mudah dan leluasa memilih aplikasi mana saja yang ingin di-update dan mana yang tidak secara manual. Caranya tap garis 3 hitam vertikal kiri lalu pilih opsi Setelan -> Perbaharui aplikasi secara otomatis.

Facebook
Daftar Aplikasi Boros Pemakaian Kuota Internet, dan Bagaimana Mengatasinya

Apakah anda termasuk orang yang aktif menggunakan aplikasi Facebook? Kuota data dijamin bisa jebol. Karena berisikan pesan teks, aplikasi ini juga ada foto dan video, yang biasanya memang menyedot banyak kuota internet.

Pemutaran video di facebook, fitur ini akan membuat video di jalur waktu secara otomatis diputar ketika pengguna mencapai bagian tersebut jadi sudah dipastikan kuota data yang dikeluarkan menjadi lebih banyak.

Untuk mengatasinya pastikan fitur auto play video tidak aktif. Anda dapat menonaktifkannya dengan cara masuk ke menu pengaturan aplikasi -> putar otomastis, lalu pilih opsi “jangan pernah putar video otomatis” atau “putar otomatis di koneksi WiFi saja”. Setelah itu Non-aktifkan juga fitur unggah semua foto dalam HD dan unggah semua video dalam HD.

Twitter
Daftar Aplikasi Boros Pemakaian Kuota Internet, dan Bagaimana Mengatasinya

Kita ketahui bersama, bahwa twitter hanya berupa kicauan-kicauan yang satu tweet hanya sepanjang, maksimal 140 karakter saja. Namun, ada satu hal yang tidak boleh anda dilupakan, karena seperti halnya Facebook, Twitter pun dilengkapi dengan fitur pemutar video dan GIF secara otomastis dan bila anda membiarkan video berputar, maka kuota internet akan tersedot banyak.

Agar hal tersebut tidak terjadi, sebaiknya nonakftifkan auto-play. Caranya, Anda tinggal menyentuh ikon titik tiga di sudut kanan aplikasi, kemudian pilih menu Settings. Setelah itu pilih tab bertuliskan Data. Selain itu, jika ingin lebih menghemat pemakaian data pada aplikasi Twitter ini, non-aktfikan juga fitur untuk menampilkan gambar atau foto (image previews in timeline).

Instagram
Daftar Aplikasi Boros Pemakaian Kuota Internet, dan Bagaimana Mengatasinya

Selain foto, Insagram kini juga dijejali berbagai video. Konten foto saja sudah menyedot kuota cukup besar. Bagaimana jika ditambah lagi dengan video? Ini dikarenakan aplikasi Instagram menggunakan fitur pemutar video dan pemuatan gambar secara otomatis.

Jika ingin mematikan fitur ini, masuk saja ke pengaturan aplikasi. Lalu, pilih menu penggunaan data seluler. Berikan tanda centang pada opsi gunakan lebih sedikit data (Use Less Data). Dengan begini, seluruh pemutaran video dan pemuatan gambar secara otomatis hanya terjadi saat perangkat terhubung di jaringan WiFi.

Namun demikian pengaturan tersebut tidak akan mematikan autoplay. Tapi sebagai gantinya, Instagram tidak akan memutar video saat Anda menggunakan koneksi internet seluler.

Youtube
Daftar Aplikasi Boros Pemakaian Kuota Internet, dan Bagaimana Mengatasinya

Anda setuju dengan aplikasi yang satu ini dengan sebutan dengan aplikasi yang paling besar memakan kuota internet, namun tetap diminati. Bagaimana tidak? karena Youtube adalah situs berbagi video (aplikasi pemutar video) yang membutuhkan data yang cukup besar untuk dapat diakses.

Untungnya aplikasi buatan Google ini tidak otomatis memutar video seperti Facebook, Twitter dan Instagram, sehingga pemakaiannya bisa sesuai keinginan pengguna. Untuk lebih memaksimalkan penggunaannya lagi aturlah setelan video YouTube pada resolusi video terendah agar kuota data menjadi lebih hemat dan nyalakan fitur Play HD on WiFi Only saja, sehingga resolusi tinggi yang memakan banyak kuota internet itu tak bisa diputar menggunakan koneksi seluler.

Nah jikalau nanti ingin menonton kembali untungnya di Youtube anda bisa menyimpan video secara offline agar bisa menonton berulang-ulang.

Spotify
Daftar Aplikasi Boros Pemakaian Kuota Internet, dan Bagaimana Mengatasinya

Aplikasi streaming musik ini memanjakan telinga penikmat musik karena memang kualitas terbaik. Akan tetapi jika hal ini anda lakukan terus menerus kuota data Anda dipastikan terkuras.

Cara yang lebih hemat, Spotify menawarkan fitur download lagu-lagu favorit anda secara offline tentu diperuntukan bagi pengguna premium. Dengan cara ini, pengguna bisa memutarnya tanpa harus berulang kali memakai kuota internet. Tetapi bila anda tetap ingin mendengarkan secara online dikarenakan ruang penyimpanan gawai anda tidak mencukupi, anda tetap bisa menghemat kuota internet dengan mengatur kualitas streaming musik.

Caranya masuk ke menu pengaturan pada Spotify dan pilih tab Streaming Quality. Berikutnya akan tampil pilihan Otomatis, Normal, High, dan Extreme. Cukup atur pada kualitas Normal saja.

Netflix
Daftar Aplikasi Boros Pemakaian Kuota Internet, dan Bagaimana Mengatasinya

Ya, namanya juga aplikasi pemutar film, sudah barang tentu boros paket internet. Jika anda penikmat netflix dengan berlangganan tanyangan-tayangan filmnya di smartphone dari film lama hingga yang terbaru siap-siap kuota data anda akan habis dalam cukup cepat. Karena bila ingin menonton film disini, kita harus mengeluarkan kuota data yang terbilang besar yang bila video HD berdurasi 45 menit saja bisa membutuhkan kuota sekitar 750MB. Tips ampuhnya adalah, gunakan aplikasi ini dengan bijak agar kuota data tidak cepat habis.

Itulah daftar aplikasi yang bikin boros kuota internet, semoga bermanfaat.

Daftar Aplikasi Boros Pemakaian Kuota Internet, dan Bagaimana Mengatasinya Daftar Aplikasi Boros Pemakaian Kuota Internet, dan Bagaimana Mengatasinya Reviewed by Om Rudi on Februari 19, 2017 Rating: 5

Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.