Bagaimana dan Kapan Waktu yang Tepat Melakukan Defragment Hard Drive Windows 10 - Hanyalah Berbagi Informasi

Bagaimana dan Kapan Waktu yang Tepat Melakukan Defragment Hard Drive Windows 10




Seiring waktu, file pada hard drive Anda mengalamani terfragmentasi, dan komputer Anda akan melambat karena harus memeriksa beberapa lokasi file/data pada drive yang terpisah-pisah. Agar komputer Anda tetap berjalan tetap efisien, menggunakan "built-in" tool pada Windows untuk defragment file tersebut sangatlah diperlukan. Melanjutkan artikel sebelumnya, maka artikel kali ini membahas cara dan kapan harus melakukan defragmentasi hardisk di Windows 10. Baca: Apa itu Bad Sector? Apa Penyebab dan Bagaimana Mengatasinya?.

Pada Windows 10, seperti hanya Windows 8 dan Windows 7, otomatis akan melakukan proses defragment file secara terjadwal (secara default, sekali seminggu). Namun, itu tidak selalu berjalan secara konsisten, jadi jika anda melihat file lebih lama yang dimuat atau anda hanya ingin memeriksa ulang setiap bulan atau lebih, anda dapat melihat bagaimana terfragmentasi drive pada Windows.

Cara Melakukan Defrgmentasi Hardisk Windows 10 yang Benar

Waktu melakukan defragment hardrive Windows 10
Anda dapat menggunakan alat "Optimize Drive" di bawah ini untuk melakukan optimasi drive secara umum, termasuk mengirimkan perintah TRIM (pemangkasan) untuk mengoptimalkan kinerja. Namun perlu dicatat bahwa bila anda memakai "Solid State Drive" atau yang biasa disebut (SSD) ini berbeda dengan harddrive, SSD tidak perlu di defragmentasi atau mengunakan software tambahan untuk mempercepat disk penyimpanan Anda.

Untuk drive mekanikal, Anda dapat memeriksa dan memperbaiki status fragmentasinya dengan langkah-langkah di bawah ini.

Buka tools disk optimization, cari dengan kata “optimize" atau “defrag” melalui taskbar.

Cara Defragment Windows 10
  1. Pilih Hardrive Anda dan klik "Analyze", (Perhatikan bahwa jika Anda memiliki SSD, pilihan ini berwarna abu-abu dan tidak tersedia).
  2. Periksa persentase file yang terdefrag dalam hasil.
  3. Jika Anda ingin melakukan defragment drive anda, klik "Optimize". Ini langkah terbaik untuk dilakukan bila anda tidak memerlukan sementara waktu penggunaan komputer Anda untuk keperluan lain, sehingga Anda mendapatkan hasil yang efesien dalam proses defragmentasi drive.
  4. Ketika proses selesai, Windows menampilkan dan memberitahukan bahwa drive sudah 0% terfragmentasi dalam jendela "Optimize Drives utility"
Secaraa umum, tidak ada aturan yang jelas dan tegas tentang bagaimana drive yang terfragmentasi kapan harus Anda defrag. Namun agar proses defragmentasi tidak memakan waktu terlalu lama untuk menyelesaikan, ada baiknya anda menyimpan persentase fragmentasi di bawah 5% atau lebih.



Bagaimana dan Kapan Waktu yang Tepat Melakukan Defragment Hard Drive Windows 10 Bagaimana dan Kapan Waktu yang Tepat Melakukan Defragment Hard Drive Windows 10 Reviewed by Om Rudi on Februari 11, 2017 Rating: 5

Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.