Begini Cara Mengetahui Alamat IP Address Printer - Hanyalah Berbagi Informasi

Begini Cara Mengetahui Alamat IP Address Printer




IP Address dari printer adalah nomor unik yang mengidentifikasi dan memungkinkan mesin jaringan lain untuk berkomunikasi dengannya. Anda mungkin perlu menentukan alamat IP printer untuk beberapa alasan, seperti jika Anda mencoba untuk terhubung dari - ke komputer pada jaringan Anda atau jika Anda tetap inventarisasi peralatan untuk tujuan asuransi.

Mencari alamat IP dari printer ini cukup sederhana dan dapat dilakukan dari komputer yang terhubung ke jaringan yang sama dengan printer ataupun yang terhubung langsung.


Bagaimana Cara Mengetahui IP Address Printer
Ada banyak cara bagaimana mengetahui IP Address Printer pada jaringan anda Opsi yang Anda pilih bergantung pada beberapa faktor, seperti jenis printer yang Anda gunakan atau pembatasan akses jaringan.

dan dibawah ini beberapa/berbagai cara yang dapat anda lakukan dengan mudah untuk mengetahui IP Address printer pada jaringan:

Via Onboard Display:
Alamat IP Address Printer dapat ditentukan melalui menu printer onboard. langkah-langkah berikut dapat anda lakukan dan sesuaikan berdasarkan jenis printer yang digunakan:
  • Jika memiliki display onboard, tekan tombol "Menu" pada printer.
  • Gulir melalui pilihan menu pada layar menggunakan tombol menu atau tombol panah, tergantung pada printer Anda, sampai Anda menemukan pilihan "Setup" atau "Konfigurasi".
  • Gulir daftar pilihan pengaturan yang tersedia menggunakan sistem navigasi printer (tombol atau tombol panah) sampai Anda menemukan pilihan alamat IP atau "TCP / IP". Pilih opsi ini untuk melihat alamat IP pada layar onboard printer.


Via Windows Configuration:
Jika Anda mencoba mengetahui atau mengkonfigurasi alamat IP printer via Windows configuration, ikuti langkah berikut:
  • Klik tombol "Start" dan pilih "Devices dan Printers" untuk membuka jendela daftar konfigurasi printer.
  • Cari printer yang alamat IP Address nya ingin di ketahui. Klik kanan printer tersebut dan pilih "Printer Properties". Biasanya Alamat IP ditampilkan dalam Lokasi kotak pada tab General. Jika tidak, lakukan ke langkah berikutnya.
  • Klik tab "Ports" pada jendela Properties. Perlebar kolom "Port" dari tabel yang ditampilkan di jendela dengan menyeret perbatasan kolom ke kanan. Alamat IP dari printer mungkin ditampilkan pada daftar tersebut. Jika tidak, mari ke langkah berikutnya.
  • Klik tombol "Configure Port". Jika alamat IP tidak ditampilkan dalam jendela utama, klik tab "System Info" jika tersedia. Alamat IP biasanya ditampilkan di samping label "DLL".

Via Command Prompt:
Untuk mengetahui atau mengkonfigurasi alamat IP printer via Command Prompt, ikuti langkah berikut:
  • Tekan tombol Windows, ketik cmd, lalu tekan Enter.
  • Pada jendela command prompt yang muncul, ketik netstat -r, dan kemudian tekan Enter.
  • Maka sebuah daftar printer dan perangkat lain yang terhubung ke komputer Anda akan ditampilkan.

Via Router Access:
Jika Anda memiliki hak akses ke router Anda, seperti router untuk jaringan rumah, Anda dapat menemukan alamat IP address printer Anda melalui menu setup router, berikut langkah-langkahnya:
  • Masuk ke router Anda dengan membuka browser web dan mengetik 192.168.1.1 ke address bar dan menekan Enter.
  • Pada prompt, masukkan username dan password. 
  • Setelah Anda memiliki akses masuk ke router, cara menu yang berhubungan dengan DHCP Client Table atau referensi untuk daftar klien, sering ditemukan pada bagian local network. Langkah ini bervariasi oleh produsen router. Anda mungkin perlu membaca dokumentasi router Anda atau website produsen router.
  • Buka daftar klien dan menemukan printer Anda untuk mendapatkan alamat IP-nya.

Begini Cara Mengetahui Alamat IP Address Printer Begini Cara Mengetahui Alamat IP Address Printer Reviewed by Om Rudi on Januari 01, 2017 Rating: 5

Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.