Cara Mengaktifkan WiFi Hotspot pada Windows 8/8.1 - Hanyalah Berbagi Informasi

Cara Mengaktifkan WiFi Hotspot pada Windows 8/8.1




Aktifkan WiFi Hotspot - Diawal desember ini saya awali artikel dengan memposting artikel yang berjudul cara mengaktifkan WiFi Hotspot pada Windows 8/8.1. Dengan cara ini nantinya di PC anda dapat melakukan berbagi jaringan internet kepada perangkat lain.

Namun demikian jika Anda menggunakan Windows 8/8.1, maka Anda mungkin tidak akan bisa melakukan settingan untuk melakukan penggunaan ini setidaknya tidak menemukan setingan secara antarmuka visual. Namun, dengan bantuan dari Command Prompt dan beberapa perintah, anda juga dapat mengubah laptop atau perangkat Windows 8.1 dijadikan titik akses WiFi Hotspot.


Setting WiFi Hotspot (Mobile Hotspot) di Windows 8/8.1
Tetapi bila anda pengguna Windows 10, maka anda akan lebih dimudahkan dalam melakukan settingan terhadap penggunaan WiFi Hotspot (Mobile Hotspot) karena bila versi yang anda gunakan adalah Windows 10 versi yang terbaru, maka menu untuk melakukan penggunaan Mobile Hotspot pada Windows 10 telah tersedia dan cukup mudah untuk dilakukan. Info lebih lanjut silahkan baca artikelnya dengan judul : Cara Mengaktifkan dan Menonaktifkan Mobile Hotspot di Windows 10 Tanpa Software.

Lalu bagaimana cara mensetting dan mengaktifkan WiFi Hotspot pada Windows 8/8.1?
Dibawah ini saya share bagaimana cara melakukannya. Sesuai penjelasan pada awal artikel ini, cara yang kita lakukan nantinya adalah dengan bantuan DOS Command Prompt. Selain itu akan saya share juga cara lain dengan bantuan penggunaan file kustom executable yang bernama WiFiAccessPoint.EXE. file ada pada akhir artikel..

Baiklah, kita mulai dengan metode pertama yaitu DOS Command Prompt.

METODE DOS COMMAND PROMPT :

Pertama-tama buka Command Prompt, lalu ketikan perintah dibawah ini :

netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=Hanyalah key=12345678

Setelah itu ketikan perintah berikutnya seperti dibawah ini :

netsh wlan start hostednetwork


Selanjutnya, share jaringan internet PC anda yang diterima baik itu dari WiFi, modem, LAN (contoh kasus dibawah ini koneksi internet diterima melalui jaringan WiFi dengan nama Wi-Fi (HBI2016)) . dengan cara buka device network dan klik pada tulisan status connection, lalu pilih properties.


Pilih tab Share, lalu centang "Allow other network users to connect through this computer's Internet connections". Selanjutnya pilih WiFi Hotspot yang baru kita buat tadi dan diakhiri OK. Terlihat seperti gambar dibawah ini :


WiFi Hotspot yang baru dibuat pun sudah terkoneksi kejaringan internet dan bisa digunakan berbagi pakai jaringan internet.



METODE FILE KUSTOM EXECUTABLE
Silahkan klik kanan pada file WiFiAccessPoint.EXE lalu pilih opsi "Run as administrator".


Pada tampilan berikutnya tekan "Y" untuk membuat satu jaringan WiFi Hotspot, lalu ENTER
berikutnya beri nama SSID (contoh: Hanyalah), lalu ENTER
masukan password minimal 8 karakater (contoh: 12345678), lalu ENTER


Hasilnya, nama jaringan WiFi Hotspot sukses di buat, lalu tekan "Y" agar WiFi Hotspot secara otomatis aktif disetiap operasi windows di hidupkan.

Tekan ENTER,... dan ENTER lagi..


Selanjutnya ada pesan berikutnya yang menyatakan bahwa agar jaringan WiFi Hotspot bisa digunakan maka diperlukan mengaktifkan akses internet untuk berbagi.


Caranya sama persis seperti metode pertama, yaitu dengan membuka akses sharing internet pada jaringan yang diterima oleh PC.

...caranya klik ikon tray network pada sudut kanan bawah lalu pilih opsi "Open Network and Sharing Center"


Seperti terlihat pada gambar dibawah ini, bahwa WiFi yang baru kita buat dengan SSID=Hanyalah belum terkoneksi ke internet.

Sementara itu koneksi internet yang diterima oleh PC melalui WiFi dengan nama SSID=HBI2016, yang nantinya di sharekan ke WiFi Hotspot kita buat tadi dengan SSID=Hanyalah.


Caranya buka device network dan klik pada tulisan status connection, lalu pilih properties.


Pilih tab Share, lalu centang "Allow other network users to connect through this computer's Internet connections". Selanjutnya pilih WiFi Hotspot yang baru kita buat tadi dan diakhiri OK. Terlihat seperti gambar dibawah ini :


Dan WiFi Hotspot yang kita bangun dengan SSID=Hanyalah sudah terhubung keinternet dan secara bersamaan sudah bisa digunakan untuk berbagi internet kepada perangat lain.


Bila kita lihat pada jendela Network, maka terilihat WiFi yang kita terima untuk di share terlihat disebelah kanan dari nama SSID. terlihat pada gambar dibawah ini.


resource:
WiFiAccessPoint.zip

Cara Mengaktifkan WiFi Hotspot pada Windows 8/8.1 Cara Mengaktifkan WiFi Hotspot pada Windows 8/8.1 Reviewed by Om Rudi on Desember 01, 2016 Rating: 5

Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.