Cara Mudah Mengatasi Kinerja Ponsel Android Yang Lambat - Hanyalah Berbagi Informasi

Cara Mudah Mengatasi Kinerja Ponsel Android Yang Lambat




Ponsel Lemot - Memiliki ponsel pintar adalah merupakan dambaan setiap pemiliknya. Lalu bagaimana bila ponsel kesayangan tersebut semakin hari semakin lambat saja kinerjanya? tentu sangat menjengkelkan bukan?. Kejengkelan tersebut bertambah lagi dimana anda tidak bisa mengetahui caranya untuk mengembalikan kinerja ponsel android anda seperti sedia kala. Pada kali ini akan dibahas secara umum bagaimana cara mudah mengatasi kinerja ponsel/smartphone yang lambat.

Penyebab yang mengakibatkan kinerja yang lambat tersebut sebenarnya bisa disembuhkan dengan menempuh cara tertentu. Lalu apa penyebabnya? Nah, Anda mungkin dapat melakukan beberapa trik yang akan di share pada artikel kali ini.


Tips mudah agar Android cepat lagi
Dibawah ini beberapa tips yang bisa anda lakukan agar kinerja ponsel android anda kembali normal seperti yang saya rangkum dari berbagai sumber :

1. Bersihkan Cache Aplikasi
Seiring berjalannya waktu dalam pemakaian/penggunaan ponsel, aplikasi yang tersimpan pada ponsel biasanya data cached yang berfungsi agar bisa dibuka kembali dengan cepat. Namun akan memakan sumber daya dan kapasitas maka akan memperlambat kinerja ponsel itu sendiri, Untuk membersihkan cache: Masuk ke menu Settings > Storage > Cached Data, lalu delete akhiri OK.


2. Disable Animations
Kurangi atau matikan animasi, maka kinerja Android Anda bisa lebih kencang. Caranya, masuklah ke menu Settings> About phone.


Kemudian carilah kolom yang menampilkan Build number. Sentuhlah kolom tersebut sebanyak 7 kali untuk mengaktifkan mode Developer.


Setelah itu akan muncul pilihan Developer option pada menu Settings tersebut, lanjutkan ketup padamenu tersebut.


Lalu temukan kolom Window animation scale, Transition animation scale, serta Animation duration scale. Secara berurutan, ubah angka yang tertera menjadi 0.5x atau Animation off.


3. Hapus atau matikan aplikasi tak terpakai
Bila aplikasi yang jarang atau tidak pernah dipakai, menghapusnya adalah jalan yang terbaik. Kerena dengan menghapus aplikasi yang tak terpakai akan mengurangi ruang pemrosesan dalam ponsel.

Caranya, masuk ke Settings> Apps dan perhatikan aplikasi yang ada di sana. Bila menemukan salah satu atau beberapa yang ternyata tak berguna, langsung sajak klik dan pilih disable untuk mematikan tanpa menghapusnya atau uninstall agar langsung dihapus.


4. Singkirkan Widget
Widget sangat indah dan cool terlihat, tetapi sebenarnya sumber daya yang digunakan cukuplah besar dan tentu salah satu faktor yang memperlambat perangkat Anda. Widget ini merupakan tool informasi yang run terus-menerus mengambil data dan mencari update secara realtime. Cobalah untuk membatasi penggunaan widget Anda sebanyak mungkin.



5. Matikan fitur Live Wallpaper.
Fitur Android inilah yang menjadi favorit, karena dengan live wallpaper pasti sangat menyenangkan karena ponsel anda akan terlihat bersih dan jernih, tetapi lagi-lagi ini mempengaruhi kinerja dan daya tahan baterai. Jadi rasanya cukup ambil gambar biasa saja yang tentunya tidak mengurangi rasa dan jiwa seni anda. :)

6. Tetap selalu Update OS
Sangat penting terhadap update sistem ponsel anda. Ini mengingat pembaruan perangkat lunak tidak selalu tentang fitur baru. ada kalanya dari upgrade OTA adalah untuk memperbaiki bug dan memperkenalkan peningkatan kinerja. Pastikan perangkat lunak ponsel Anda selalu pada versi terbaru.

7. Matikan auto-sync
Seringkali pengguna Android memasang banyak akun, baik berupa media sosial, e-mail dan lainnya. Akun-akun tersebut umumnya terpasang dalam kondisi auto-sync menyala.

Auto-sync sendiri merupakan fitur yang berguna agar aplikasi otomatis menarik data terbaru dalam durasi tertentu, contohnya untuk menerima email. Meski berguna, jika sudah terlalu banyak aplikasi yang memakainya, maka auto-sync juga bisa membuat ponsel menjadi lambat.

8. Reboot
Ini klasik dan paling mudah dilakukan dan biasanya ponsel akan bekerja seperti semula, setidaknya untuk sementara waktu. Namun bila anda ingin mengambil tindakan yang lebih drastis agar ponsel anda benar-benar berjalan seperti semula maka anda bisa lakukan tips yang terakhir dibawah ini.

9. Factory reset
Ya dengan menggunakan cara factory reset, maka ini akan membuat software ponsel kembali pada kondisi saat Anda baru membelinya dan membersihkan segala data yang ada di dalamnya. Pun demikian aplikasi-aplikasi bawaan yang ada diponsel akan kembali ke versi awal sehingga Anda harus men-download ulang aplikasi dan sejenisnya dan yang paling penting adalah pastikan Anda backup data, seperti foto, yang Anda tidak ingin hilang selamanya.

Sekian, demikian artikel dengan judul : Cara Mudah Mengatasi Kinerja Ponsel Android Yang Lambat di publish. Semoga bermanfaat.

Cara Mudah Mengatasi Kinerja Ponsel Android Yang Lambat Cara Mudah Mengatasi Kinerja Ponsel Android Yang Lambat Reviewed by Om Rudi on Oktober 12, 2016 Rating: 5

Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.