Mengintip Teknologi IPTV dan Bagaimana Menggunakannya - Hanyalah Berbagi Informasi

Mengintip Teknologi IPTV dan Bagaimana Menggunakannya




IPTV (Internet Protocol Television) adalah sistem siaran melalui telvisi yang penyerahan pemrogramannya dilakukan oleh aliran video dikodekan sebagai rangkaian IP paket. IPTV didistribusikan oleh penyedia layanan dan dapat secara gratis atau berbayar baik itu siaran live TV atau video yang disimpan. IPTV dapat digabungkan dengan layanan Internet Protocol lainnya, termasuk VoIP dan akses Internet berkecepatan tinggi.

Televisi protokol internet dikirim menggunakan suite protokol Internet melalui jaringan packet-switched seperti LAN atau jaringan WiFi dan bukan menggunakan atau melalui sinyal satelit atau dari tv kabel. Tidak seperti media download, IPTV menawarkan kemampuan untuk streaming media dalam batch yang lebih kecil, langsung dari sumber. Sebagai akibatnya, pemutar media klien dapat mulai bermain data (seperti film) sebelum seluruh file telah dikirim. Hal ini dikenal sebagai streaming media.
image : cstalking

Jadi bila kita defenisikan yang lebih sederhana IPTV bisa diartikan sebuah layanan tv digital yang mana signal nya ditransmisikan melalui Internet Protocol. Dengan teknologi ini diharapkan lebih murah dan efisien dibandingkan dengan teknlogi siaran yang ada sekarang (menggunakan coaxial cable dan atau tv satelit) ini karenakan tidak diperlukan lagi untuk membagun infrastruktur baru. Layanan IPTV dapat diklasifikasikan ke dalam tiga kelompok utama:
  1. Live television : Tayangan siaran dengan atau tanpa interaktivitas berkaitan dengan acara TV yang sedang tayang;
  2. Time-shifted television: Rekaman pemrograman siaran ke media penyimpanan untuk melihat atau mendengarkan setelah siaran langsung (live);
  3. Video on demand (VOD): sistem televisi interaktif yang memfasilitasi khalayak untuk mengontrol atau memilih sendiri pilihan program video dan klip yang ingin ditonton. Fungsi VOD seperti layaknya video rental, di mana pelanggan dapat memilih program atau tontonan ketika yang ingin ditayangkan

Dalam penyiarannya, IPTV menggunakan penyiaran multicasting melalui Internet Group Management Protocol (IGMP) versi 2 untuk siaran langsng (live television) dan Real Time Streaming Protocol untuk program-program berdasarkan permintaan Video on demand (VOD). Kompatibel standar untuk kompresi video meliputi H.264, Windows Media Video 9 dan VC1, DivX, XviD, Ogg Theora dan MPEG-2 maupun MPEG-4.

Cara Menyaksikan siaran menggunakan IPTV (Internet Protocol Television).
Saat ini untuk menyaksikan siaran melalui IPTV banyak cara dan perangkatnya yang bisa di gunakan berupa Set Top Box (STB) atau hanya menginstall aplikasi IPTV di smartphone maka layanan tersebut bisa kita saksikan. Selain itu media IPTV juga bisa kita saksikan dengan menggunakan receiver parabola terkini dimana fitur IPTV ini juga tersedia, sehingga selain dapat menyaksikan tayangan melalui tv satelit kita juga bisa menyaksikan tv internet.

Dibawah ini beberapa set to box untuk berbagai keperluannya :

set to box iptv
set to box iptv

set to box iptv

Demikian semoga bermanfaat.

Mengintip Teknologi IPTV dan Bagaimana Menggunakannya Mengintip Teknologi IPTV dan Bagaimana Menggunakannya Reviewed by Om Rudi on September 02, 2016 Rating: 5

Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.