Apa itu DLNA dan Apa yang Perlu di Ketahui - Hanyalah Berbagi Informasi

Apa itu DLNA dan Apa yang Perlu di Ketahui




DLNA singkatan dari Digital Living Network Alliance yang awalnya bernama Digital Home Working Group (DHWG) adalah sebuah organisasi nirlaba perdagangan kolaboratif yang terdiri dari lebih dari 250 perusahaan yang didirikan pada Juni 2003 mengembangkan dan mempromosikan interoperabilitas pedoman untuk berbagi media digital antara perangkat multimedia di bawah auspice sertifikasi standar sehingga membuatnya lebih mudah bagi konsumen untuk menggunakan, berbagi dan menikmati foto digital, musik dan video.

Saat ini di klaim lebih dari 8.000 perangkat yang berbeda telah memperoleh status "DLNA Certified", dengan kata lain bahwa perangkatperangkat tersebut mampu dan sudah bisa berinteroperabilitas dengan perangkat lain. Dalam menjalankannya, DLNA beroperasi baik itu menggunakan jaringan kabel, jaringan WiFi, satelit ataupun penyedia layanan telekomunikasi tentunya semua untuk memberikan proteksi link pada setiap akhir data transfer.

Cara Menggunakan Fitur DLNA

Fungsi dari DLNA
DLNA berfungsi dan bertujuan untuk memudahkan para penggunanya untuk berbagi/sharing konten antara perangkat. Teknologi ini sebenarnya telah banyak digunakan orang-orang dimana begitu banyak konten-konten yang disimpan pada komputer pribadi apakah itu foto, trek musik, atau bahkan file film. Dengan DLNA, Anda dapat secara berkesinambungan mengalirkan/berbagi semua itu keseluruh isi rumah Anda di perangkat lain yang telah terhubung.

Begini Cara Menggunakan Fitur DLNA
image : oesf.biz

Bila kita lihat gambar diatas maka berdasarkan (Certified Device Classes), DLNA membagi perangkat dalam kelas yang berbeda yaitu :

  • Digital Media Server (DMS) : Perangkat ini menyimpan konten dan membuatnya tersedia untuk pemutar digital media players (DMP) dan digital media renderers (DMR). Beberapa server digital media juga dapat membantu melindungi konten Anda sekali disimpan. Contoh : PC dan jaringan perangkat penyimpanan data / network attached storage (NAS).
  • Digital Media Player (DMP) : Perangkat ini untuk menemukan konten pada digital media servers (DMS) dan menyediakan pemutaran dan kemampuan rendering. Contoh : TV, stereo dan home theater, nirkabel monitor dan game konsol.
  • Digital Media Renderer (DMR) : Perangkat ini memutar konten yang diterima dari digital media controller (DMC), berfungsi menemukan konten dari digital media server (DMS). Contoh : TV, audio/video receiver, video display dan remote speaker untuk musik.
  • Digital Media Controller (DMC) : Perangkat ini berfungsi menemukan konten pada digital media servers (DMS) dan memainkannya di digital media renderers (DMR). Contoh : Internet tablet, Wi-Fi® aktif pada kamera digital dan personal digital Assistant (PDA).
  • Digital Media Printer (DMPr) : Perangkat ini menyediakan jasa Percetakan untuk jaringan DLNA rumah. Umumnya, pemutar digital media (DMP) dan digital media controller (DMC) sudah dilengkapi fitur ini untuk dapat mencetak pada DMPr. Contoh : jaringan photo printer dan jaringan printer all-in-one.

Menggunakan Fitur DLNA membutuhkan Jaringan
Untuk menjalankan fasilitas ini, hardware DLNA dirancang bekerja pada jaringan rumah apakah itu jaringan kabel LAN atau nirkabel, pun demikian pastikan Wi-Fi Anda harus memiliki bandwidth yang memadai sebelum apa yang ingin Anda lakukan dan sangat direkomendasikan menggunakan opsi 802.11n.

Bagaimana menjalankan DLNA
Untuk menjalankan, Perangkat yang bersertifikat DLNA dapat menggunakannya secara UPnP — Universal Plug and Play (PnP) untuk menemukan perangkat lainnya pada jaringan yang sama. Dan semestinya Perangkat DLNA harus secara otomatis menemukan satu sama lain di jaringan lokal, dengan asumsi fitur DLNA diaktifkan.

Sebagai contoh, kita dapat menggunakan dan bermain di Windows Media Player untuk memainkan file video lokal untuk/dari Xbox atau konsol permainan lainnya. PC Anda akan melihat konsol permainan, menampilkannya untuk dilakukan pemutaran, serta memungkinkan memberitahu konsol permainan untuk memulai streaming video bila Anda menekan bermain.

DLNA untuk semua perangkat tapi tidak untuk Apple
Hampir semua perangkat untuk merk besar tergabung didalamnya diantaranya Intel, HP, Motorola, HTC, Microsoft, LG dan Panasonic untuk membuat produk dengan memberikan logo DLNA Certified" pada perangkatnya. Namun tidak dengan Apple, karena perusahaan berpusat di Silicon Valley, Cupertino, California itu telah memutuskan untuk tidak bergabung didalamnya.

Banyak perangkat mendukung DLNA. PlayStation 3, Xbox 360 dan Xbox adalah beberapa perangkat yang mendukung DLNA. Dukungan DLNA juga dibangun pada Windows Media Player, XBMC, Plex, dan pusat media perangkat lunak lainnya. Perangkat lunak DLNA tersedia untuk berbagai macam platform.

Apa itu DLNA dan Apa yang Perlu di Ketahui Apa itu DLNA dan Apa yang Perlu di Ketahui Reviewed by Om Rudi on September 23, 2016 Rating: 5

Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.