Panduan Bagaimana Cara Membatasi Kecepatan Internet - Hanyalah Berbagi Informasi

Panduan Bagaimana Cara Membatasi Kecepatan Internet




Dalam dunia networking, membatasi kecepatan internet adalah bagian dari bandwidth management atau bisa juga disebut dengan menajemen kontrol dalam hal ini adalah kontrol kecepatan upstream dan downstream. Banyak cara untuk membatasi kecepatan internet apakah menggunakan aplikasi tambahan tertentu, melalui settingan modem atau melalui router.

Managemen Bandwitdh ini sangat penting bila anda ingin dan sudah melakukan sharing internet via wifi ataupun jaringan LAN. Bagi anda pelanggan internet Biznet, MyRepublic, Speedy, Indihome dan banyak lagi lalu di gunakan sebagai fasilitas usaha anda apakah itu usaha Warnet, Cafe atau sekedar digunakan di lingkungan sekitar rumah anda maka membatasi kecepatan internet "wajib" anda lakukan.

Terkadang ketika kita sedang asyik berselancar mendadak kecepatan internet menjadi lambat dengan tiba-tiba, yang diakibatkan dari pengguna WiFi yang banyak ditambah lagi bila mereka melakukan aktifitas download file yang cukup besar menggunakan aplikasi downloader manager seperti IDM.

Nah, pasti anda tidak ingin mengalami bukan...?

Dibawah ini saya akan panduan dasar bagaimana cara membatasi kecepatan internet menggunakan router to router, cara ini juga bisa dikatakan bagaiaman cara membagi bandwitdh indihome . Cara dibawah ini saya lakukan dengan menggunakan Router ZTE-F609 (Internet Indihome) sebagai Home Gateway dan Router TP-Link MR-3420 untuk mengontrol bandwidth pada jaringan lokal (LAN ataupun WiFi).

Hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan membatasi kecepatan internet :

  • Bila alamat IP kedua Router sama maka router yang bertugas mengontrol bandwitdh harus diubah terlebih dahulu.
  • Setting yang dilakukan hanya pada router pengontrol bandwidth.

Arsitektur LAN yang saya buat seperti dibawah ini :


Router TP-Link TL-MR3420 bisa dijadikan sebagai pengontrol bandwidth karena sudah mendukung koneksi WAN sehingga bisa kita koneksikan ke Home Gateway pada router ZTE-F609.

Baiklah, kita mulai.

Konfigurasi WAN pada TP Link TL-MR3420

Karena IP address dari kedua router ini (Router ZTE-F609 dan Router TP-Link MR-3420) sama-sama menggunakan 192.168.1.1, maka pada router TP-Link MR-3420 diubah terlebih dahulu.

Sambungkan kabel UTP dari laptop ke router TP-Link pada port LAN dan pastikan sudah terhubung, lalu ketik di browser alamat IP : 192.168.1.1. Selanjutnya masukan username dan password ( user dan password = admin).

Sebagai contoh saya mengubah menjadi 192.168.10.1, kita bisa melakukannya melalui menu Network > LAN, lalu Save. Lanjutkan dengan Reboot Router.


Sekarang.. lakukan mengkoneksikan kabel UTP port WAN pada TP Link dengan port LAN 1 pada Home Gateway.

Setting WAN pada TP Link TL-MR3420
Ketik alamat IP address yang baru dibuat/diganti tadi yaitu 192.168.10.1, maka akan masuk ke router Tp-Link.

Pilih menu Network > Internet Access dan pilih opsi WAN Only - Only use WAN as the access to the Internet. akhiri Save.


Selanjutnya masih pada menu Network, pilih opsi WAN.

Lanjutkan dengan memilij opsi "Dynamic IP" pada pilihan "WAN Connection Type". Silahkan klik tombol "Detect".

Maka Router akan mendapat IP Address : 192.168.1.2 dari DHCP Home Gateway, dengan default dateway adalah 192.168.1.1, seperti terlihat pada gambar dibawah ini, akhir Save.


Dibawah ini tampilan IP address dari kedua router.


Setting Bandwidth Control pada Router TP Link TL-MR3420
Untuk melakukan setting membatasi kecepatan internet, maka tentukan range IP address yang akan dibatasi nantinya. Sebagai contoh kita akan membatasi IP address dari 192.168.10.100 sd 192.168.10.199 menggunakan setingan DHCP.

Dan terlihat pada laptop memiliki IP address 192.168.10.105 dan IP Address DHCP Server : 192.168.10.1


Sebelum melakukannya serta bahan pembanding nantinya, kita cek terlebih dahulu kecepatan upstream dan downstream. Bisa terlihat seperti dibawah ini.


Selanjutnya, untuk membatasi bandwidth, Rujuk pada menu Bandwidth Control > Control Setting. Lakukan persis seperti gambar dibawah ini, bisa sudah klik Save.


Kemudian klik menu Rule List untuk memberikan batasan bandwidth upstream dan downstream berdasarkan IP Address yang terkoneksi ke Router TP Link.

Isi kembali persis seperti gambar dibawah ini dan akhiri Save.


Maka tampil range IP address yang akan dibatasi kecepatan internetnya., seperti gambar dibawah ini.


Dan cek kembali kecepatan upstream dan downstream, maka terlihat perubahan kecepatan internet atas setting yang telah kita lakukan.


Selesai.

Panduan Bagaimana Cara Membatasi Kecepatan Internet Panduan Bagaimana Cara Membatasi Kecepatan Internet Reviewed by Om Rudi on Juli 18, 2016 Rating: 5

Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.