ADF Scanner - Mengenal Teknologi Pemindai Gambar ADF - Hanyalah Berbagi Informasi

ADF Scanner - Mengenal Teknologi Pemindai Gambar ADF




Pemindai ADF - Pada printer multifungsi baik itu inkjet maupun laser yang memiliki fitur print, scan, copy, dan fax, pasti dilengkapi oleh sebuah perangkat yang disebut ADF atau Automatic Document Feeder atau ADF Scanner yang biasanya terletak di bagian atas printer. Pada pemindai gambar Automatic Document Feeder, kertas diletakkan pada baki/tray, lalu satu per satu kertas akan dimasukkan oleh bagian mekanik pemindai dengan adanya pad assy dan roller. Pada saat kertas bergerak di atas lampu pemindai, sensor pemindai bekerja untuk memperoleh gambar yang merepresentasikan kertas tersebut.

Defenisi ADF atau Automatic Document Feeder :
ADF atau Automatic Document Feeder adalah merupakan sebuah perangkat yang biasanya terdapat pada mesin cetak yang akan membantu proses scan, copy, dan fax multiple dokumen secara otomatis. ADF akan sangat membantu ketika printer ingin memindai, copy/salin, atau mengirim fax lewat printer dengan jumlah dokumen yang cukup banyak tanpa perlu memasukkan dokumen satu persatu ke printer.

Keunggulan pemindai Automatic Document Feeder (ADF) adalah:
  • Kecepatannya tinggi, dapat mencapai > 10.000 lembar per jam
  • Mampu membaca dua sisi kertas sekaligus pada saat yang bersamaan
  • Dengan imprinter, pemindai dapat memberikan tanda pada lembaran yang telah dipindai
  • Sangat tepat dipasangkan dengan perangkat lunak berteknologi Digital Mark Reader serta untuk pengarsipan dan manajemen dokumen.
Baca juga : Daftar Kode Error Printer Canon Terlengkap

Keunggulan lain yang perlu diperhitungkan adalah dengan jenis printer ADF Scanner ini adalah kita sangat terbantu ketika memindai atau scan kertas berukuran F4. Hampir dikatakan semua printer multifungsi A4 yang dilengkapi ADF bisa memindai kertas F4 atau folio, yang biasanya tak bisa ditangani oleh Flatbed Scanner pada printer multifungsi A4.

Catatan
Di beberapa kasus pada series printer multifungsi A4 yg memiliki pemindai ADF tetapi tidak bisa scan kertas F4. Jadi pastikan dulu sebelum membeli printer.
Dibawah ini beberapa gambar-gambar jenis printer yang sudah menggunakan teknologi ADF Scanner.

Mengenal Teknologi Pemindai Gambar ADF
Flatbed with ADF Scanners Epson DS-6500


Mengenal Teknologi Pemindai Gambar ADF
HP Scanjet 5590 Digital Flatbed Scanner


Mengenal Teknologi Pemindai Gambar ADF
Canon Image FORMULA DR-2020U

Dan ada beberapa Scanner Otomatis ini dapat melakukan scanning untuk dokumen 2 sisi (bolak-balik) dengan bantuan fitur "DocAction" yang dapat kita simpan/rekam kedalam profile scan, sehingga proses scanning menjadi begitu mudah, cukup tekan 1 tombol scan, dokumen akan langsung di scan dan disimpan ke dalam komputer.

Harga Printer ADF Scanner.
Berbicara harga memang sesuai dengan kemampuan dan fasilitas yang diberikan, untuk jenis ADF Scanners Epson DS-6500 Rp 12.360.000,- untuk HP Scanjet 5590 Digital sedikit agak murah kisaran Rp 5.135.000,- sementara untuk Canon Image FORMULA DR-2020U berkisaran Rp 12.310.000,-

ADF Scanner - Mengenal Teknologi Pemindai Gambar ADF ADF Scanner - Mengenal Teknologi Pemindai Gambar ADF Reviewed by Om Rudi on Juni 26, 2016 Rating: 5

Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.