Malware Viking Horde serang pengguna Android - Hanyalah Berbagi Informasi

Malware Viking Horde serang pengguna Android




Baru-baru ini sebuah malware yang menamakan dirinya Viking Horde yang menjadikan sistem Android sebagai korban.  Malware ini telah berhasil menginfeksi sejumlah aplikasi yang terdapat di Google Play Store, antara lain adalah Viking Jump, Parrot Copter, Memory Booster, Simple 2048 dan WiFi Plus.

Lalu, apa yang bahaya dari Viking Horde?
Perangkat Android yang terinfeksi Viking Horde akan menjadi bagian dari sebuah botnet, atau menjadi 'budak' hacker yang sewaktu-waktu bisa mereka gunakan untuk bermacam fungsi, salah satunya melakukan beberapa instruksi pada aplikasi yang terinstal sehingga langkah tertentu akan dijalankan secara otomatis, tentunya akan dikontrol oleh hacker pembuat Malware itu.

Hapus Malware Viking Horde di Android sampai tuntas

Selain itu, malware ini juga bisa melakukan penipuan iklan, yaitu memaksa pengguna ponsel yang terinfeksi untuk mengklik tautan iklan. Tujuannya tentu untuk memberikan pemasukan uang bagi si hacker dari iklan tersebut.

Hebatnya lagi Viking Horde bisa membuat sebuah situs tak bisa lagi diakses. Data Request yang dimints akan dikirim dalam jumlah yang amat besar ke sebuah server dimana hosting situs berada, maka situs sangat berat dan bahkan tidak bisa dibuka sama sekali.

Selain itu, Viking Horde tak cuma menginfeksi perangkat Android yang sudah di-root, melainkan juga yang masih polos alias belum di-root. Meski perangkat yang sudah di-root punya risiko terserang. Namun, Android yang sudah diroot lebih rentan terserang virus ini.

Mengapa?
Tentu saja jawabannya aplikasi yang terpasang sudah tidak lagi dalam security sistem Google.

Solusi yang diperlukan tentu memasang keamanan yang tinggi pada ponsel Android anda. Tentu ada banyak anti virus yang bisa digunakan untuk proteksi serangan Viking Horde. Ini karenakan dari berbagai pihak yang menyatakan bahwa Android sebagai salah satu OS sangat rawan terserang malware, karena sifatnya yang terbuka (open source) dan mempunyai banyak pengguna.

Walaupun sebagian besar aplikasi yang terinfeksi Viking Horde di Google Play Store memiliki rating rendah dan kurang populer, tentu ini sangat membahayakan bagi pengguna pemula. Dan sampai saat ini aplikasi-aplikasi terinfeksi malware viking horde diatas masih ada di Play Store.

Jadi, berhati-hatilah. Ingatkan teman-teman anda dengan menshare artikel ini.

Malware Viking Horde serang pengguna Android Malware Viking Horde serang pengguna Android Reviewed by Om Rudi on Mei 28, 2016 Rating: 5

Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.