Google mengumumkan Kartu Rich: Format Hasil Pencarian Baru - Hanyalah Berbagi Informasi

Google mengumumkan Kartu Rich: Format Hasil Pencarian Baru




Halo sobat bloger apa kabar hari ini? Kali ini saya akan memperkenalkan fitur terbaru dari google. Ya, jika anda membuka situs webmaster tools maka anda akan menemukan satu menu baru yaitu kartu rich.


Apa itu Kartu Rich (Rich Card) ?
Kartu Rich adalah merupakan menu untuk format hasil pencarian terbaru layaknya yang sering kita sebut rich snippets. Sama seperti rich snippets, kartu rich (rich card) ini menggunakan struktur markup schema.org untuk menampilkan konten dalam format yang lebih menarik dan visual, dengan fokus pada memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik mobile.

Jika anda sebagai pemilik situs, ini adalah kesempatan baru untuk menampilkan situs anda dalam hasil pencarian yang akhirnya menarik pengguna lebih tertarget ke halaman situs Anda. Misalnya, jika Anda memiliki situs resep, Anda dapat membangun konten rich preview Anda dengan gambar hidangan yang mencolok untuk setiap halaman.

Format visual membantu dengan segera kepada pengguna untuk menemukan apa yang mereka inginkan, sehingga Anda mendapatkan pengguna yang secara khusus yang benar-benar menginginkan resep kue dari halaman situs yang anda miliki.

Untuk melihat perubahan hasil pencarian bisa dilihat ditampilkan, berikut contoh 3 perbandingan hasil pencarian foto seperti gambar dibawah ini :

image : webmasters.googleblog.com

Beberapa rekomendasi dari Google untuk penggunaan Kartu Rich :
  1. Google sangat menyarankan menggunakan JSON-LD.
  2. Cari tahu bidang yang penting untuk mark up agar kartu rich bisa muncul. Google juga telah memasukan bidang tambahan yang dapat meningkatkan pengguna kartu rich.
  3. Lihat pratinjau di Structured Data Testing Tool. Lihat bagaimana kartu rich mungkin muncul di Search (saat ini tersedia untuk resep dan film).
  4. Gunakan Structured Data Testing Tool untuk melihat kesalahan yang Anda lakukan saat men-tweak markup Anda secara real time.
  5. Memeriksa berapa banyak kartu rich anda yang telah terindeks di Laporan Search Rich Cards .
  6. Tetap memeriksa untuk setiap kesalahan. Setiap contoh kesalahan link, langsung uji ke alat Pengujian Data Terstruktur (Structured Data Testing tool).
  7. Gunakan sitemap untuk memberitahu Google tentang mark up konten Anda.
  8. Dalam laporan kartu rich, Anda akan melihat kartu yang dapat ditingkatkan dengan menandai pada bidang tambahan.

Akhirnya kita harus yakin sebagaimana Google percaya bahwa fitur kartu rich google ini akan membantu webmaster untuk menarik lebih banyak pengunjung. Untuk lebih jelasnya anda bisa mengetahui terkait perihal tersebut dengan mengklik merujuk situs resminya dibawah ini.

Sumber:
https://www.google.com/webmasters/tools/rich-cards
https://webmasters.googleblog.com/2016/05/introducing-rich-cards.html

Google mengumumkan Kartu Rich: Format Hasil Pencarian Baru Google mengumumkan Kartu Rich: Format Hasil Pencarian Baru Reviewed by Om Rudi on Mei 18, 2016 Rating: 5

Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.