Cara Mengatasai Pesan Error HTTP 404 Not Found - Hanyalah Berbagi Informasi

Cara Mengatasai Pesan Error HTTP 404 Not Found




Pesan Error HTTP 404 Not Found - Dikala kita membuka halaman-halaman pada situs tertentu kita diberikan tampilan yang memberikan pesan kesalahan "Error HTTP 404 Not Found", bagi pengguna ini pasti pengalaman yang kurang nyaman dan bagi pemilik situs ini bisa menjadi masalah besar. Bagaimana tidak sebagai pengguna yang ingin membaca halaman situs namun halaman tersebut tidak ditemukan tentu sangat mengecewakan bukan, untuk itu sebagai pemilik situs tentu masalah ini harus segera diatasi.

Apa itu Error 404 ?
Secara umum pesan kesalahan dengan angka 404 adalah kesalahan yang dihasilkan oleh server sebuah situs/website ketika URL yang diminta tidak ditemukan.

Cara Mengatasai Pesan Error HTTP 404 Not Found

Cara mengenal pesan kesalahan Error 404 ?

Ada banyak pesan kesalahan error 404 yang tampilan redaksinya berbeda-beda pada browser pengguna. Dalam penggunaan kata-kata pesan kesalahan error 404, sebagai pemilik situs/website bisa menggunakan kata-kata sesuai keinginan. Akan tetapi secara umum beberapa kata-kata yang dapat atau digunakan untuk suatu pesan kesalahan yang ditampilkan dari sebuah HTTP Error 404 :
  1. 404 Error
  2. 404. That’s an error.
  3. 404 Not Found
  4. The requested URL [URL] was not found on this server.
  5. HTTP 404 Not Found
  6. 404 Page Not Found
Halaman yang ditampilkan untuk pesan kesalahan 404 not found berupa layar putih dengan teks hitam sederhana. Berikut adalah screenshot dari error 404 yang mungkin Anda lihat.

Pesan Error HTTP 404 Not Found

Atau untuk halaman yang tidak ditemukan pada blog ini tanpilannya seperti dibawah ini :

Pesan Error HTTP 404 Not Found

Bagaiman mengatasi pesan kesalahan error 404?
Hal pertama yang harus diketahui adalah yang apabila pesan kesalahan itu berhubugan dengan halaman konten, pastikan apakah benar konten ini pernah ada ? Jika iya, segera update/perbaharui konten tersebut, namun jika halaman tersebut sengaja anda delete dan tidak ingin menampilkan lagi atau halaman konten benar-benar tidak pernah ada, maka ini menjadi masalah tersendiri.

Dampak yang mungkin saja terjadi adalah apabila pengguna mendampatkan tautan link tersebut melalui google pencarian maka ini bisa saja memiliki dampak terhadap posisi website anda di mata google. Namun anda bisa mengatasinya dengan menggunakan Google webmasters tools, dengan cara seperti dibawah ini :
  1. Lagin ke akun Google Webmaster tools anda.
  2. Klik menu Google indeks > hapus URL.
  3. Lalu ketuk tombol "sembunyikan sementara"
  4. Masukan URL yang akan dihapus, lanjutkan ketuk tombol "terus"
Lalu bagaimana jika pesan error 404 itu terjadi pada saat kita membuka halaman depan sebuah situs?
Untuk kasus ini mungkin terlihat pada gambar ke-2 diatas yang tertulis "404. That’s an error.".. Terlihat bahwa setiap membuka halaman situs maka selalu menampilkan pesan kesalahan error 404.

Untuk kesalahan ini terjadi jika suatu domain yang dialihkan atau di custom domain ke hosting blogger/blogspot. Kesalahan ini terjadi banyak kemungkinannya :
  1. Jika anda baru saja meng-custom domain anda, maka tunggu 1 x 24 jam untuk melihat hasilnya. Ini kemungkinan DNS terhadap domain membutuhkan waktu untuk me-resolved-nya.
  2. Jika situs yang berjalan normal namun tiba-tiba menampilkan pesan seperti diatas maka anda harus memeriksa kembali settingan DNS domain anda. Anda bisa mempelajari bagaimana melakukannya silahkan baca artikel custom domain pada blogger - blogspot.
Untuk mengatasi pesan error 404, cara-cara dasar dibawah ini terkadang bisa saja dapat mengatasi permasalahan yang ada, dan mungkin ada baiknya anda lakukan :
  1. Refresh halaman - Pertama-tama coba lakukan merefreh halaman cara dengan menekan tombol keyboard [F5]. Dengan merefresh halaman bisa saja kesalahan karena halaman tidak terload dengan sempurna.
  2. Bersihkan Cache dan cookies browser - Jika anda mengunjungi halaman situs dari perangkat lain, seperti ponsel, tablet, membersihkan cache dan cookies biasanya akan memecahkan masalah.
  3. Periksa URL - Pastikan bahwa URL yang dimasukkan benar tentu termasuk ejaan URL, garis miring yang benar, ekstensi file halaman, kode angka dan sebagainya.
  4. Pindai Malware - Dalam beberapa kasus ada beberapa file malware yang akan memaksa 404 Kesalahan di suatu situs/website. Ini penting untuk memastikan komputer Anda bersih dan tidak terganggu.
Jika semua cara yang anda lakukan semuanya tidak menemukan hasil, dengan menghubungi Webmaster atau penyelia hosting adalah cara terakhir yang bisa anda lakukan. Ternyata setelah diselidiki lebih lanjut bisa saja server mengalami masalah, sehingga memunculkan pesan kesalahan error 404.
Baca juga : Redirect Halaman 404/Broken Link Blog untuk SEO
Pertanyaannya? sebagai pemilik situs, pernahkah anda mengalami hal tersebut diatas? bagaimana anda mengatasinya? Bisa berbagi info melalui kotak komentar dibawah?

Cara Mengatasai Pesan Error HTTP 404 Not Found Cara Mengatasai Pesan Error HTTP 404 Not Found Reviewed by Om Rudi on April 27, 2016 Rating: 5

Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.