6 Cara Memperbaiki Memory Card SD yang Corrupt bagi Pemula - Hanyalah Berbagi Informasi

6 Cara Memperbaiki Memory Card SD yang Corrupt bagi Pemula




Cara Memperbaiki Memory Card SD yang Corrupt - Sobat Bloggger, dengan banyaknya bermunculan model perangkat digital baru, persyaratan penyimpanan didalamnya juga semakin diperluas seperti download gambar tanpa batas (unlimited), file aplikasi dan lain-lain dari internet serta penyimpanan hasil rekaman video. Oleh karena itu, SD card telah menjadi modus yang paling nyaman untuk perangkat penyimpanan data portabel.

Pada generasi terbarunya kartu SD sudah memberikan kecepatan baca tulis yang diimbangi dengan ruang kapasitas yang cukup dengan biaya/harga yang cukup murah. Dan ditambah lagi SD card adalah sumber utama untuk media penyimpanan di berbagai perangkat seperti smartphone, tablet, kamera digital, dan perangkat lainnya, sehingga ini merupakan keuntungan tersendiri.

6 Cara Memperbaiki Memory Card SD yang Corrupt


Namun terlepas dari keuntungan atau manfaat dari itu semua, kadang-kadang kita sebagai pengguna memungkinkan akan mengalami masalah tertentu dengan kartu SD yang berkaitan dengan tidak dapat diaksesnya data didalamnya. Ya, masalah umum yang sering terjadi adalah seperti SD Card corrupt, terformat atau rusak sementara semua foto, video, dan file lainnya tersimpan didalamnya yang berdampak hilang data-data tersebut.

Tentunya jika tidak ditangani dengan baik, maka mungkin bisa saja anda akan kehilangan data secara permanen yang menyebabkan kesulitan dalam pemulihan/recovery kartu SD. Perlu diketahui bagi pengguna bahwasanya sebuah kartu memori (SD Card) sebenarnya memiliki batas umur (jumlah) pemakaian, seperti unit kartu flash memiliki operasi menulis/mengapus (writer/delete) sekitar 10.000 kali, dan jika melebih siklus tersebut maka yang terjadi yang namanya "corrupt" pada media hardware. Oleh karena itu, saran saya adalah alangkah lebih baiknya jika anda tidak menggunakan kartu SD yang sering digunakan selama beberapa tahun, jadi perhatikan hal-hal tersebut, jangan sampai anda kecewa nantinya!

Perhatikan kartu SD jika memiliki gejala-gejala tersebut dibawah ini, karena memungkinkan akan terjadi corrupt!

Pada kamera, anda tidak dapat melakukan apa-apa karena hanya tampil layar hitam dan pada waktu bersamaan muncul pesan kesalahan "kartu SD tidak dapat diakses", pesan ini memungkinkan :
  1. File atau direktori rusak dan tidak terbaca.
  2. Sebagian besar foto pada kartu SD Anda hilang.
Selain itu pula hal-hal yang umum terjadi seperti :
  1. Ketika anda mencoba untuk membaca kartu SD melalui sistem, tidak ada folder muncul atau semua folder tidak terbuka dan menampilkan pesan error, "kesalahan baca/tulis pada kartu SD" yang menunjukkan bahwa hal itu tidak dapat membaca dari perangkat.
  2. Anda mendapatkan pesan error yang mengatakan bahwa "kesalahan kartu memori" atau "kartu memori yang korup" ketika mencoba untuk mengakses foto favorit anda atau video yang disimpan pada kartu.
  3. Anda dapat melihat isi dari kartu SD di kamera anda melalui sistem, tetapi tidak dapat menyalin isinya dan mendapatkan pesan error disk "write-dilindungi".
  4. Kartu SD anda dapat terbaca via komputer, tetapi anda tidak dapat melihat foto atau video yang tersimpan dan hanya mendapat pesan "kartu SD tidak diformat apakah Anda ingin memformat sekarang" (SD card is not formatted do you want to format it now).
Setiap kali kartu SD anda kedapatan korup, tidak ada jaminan bahwa anda bisa memulihkan data anda kembali, ini seperti kerusakan secara fisik memang sangat berat untuk memperbaikinya, tapi jika kesalahan pada perangkat lunak (software error) mungkin dapat ditangani dengan beberapa cara sederhana.

Baiklah, cobalah langkah-langkah awal dibawah ini, bagaimana anda bisa mengatasinya dari beberapa pesan kesalahan diatas :

Perbaikan #1. Ketahui dulu jenis kartu SD anda, jika itu adalah kapasitas tinggi (high capacity) atau SDHC card cobalah menggunakan perangkat SDHC untuk membacanya. Kadang-kadang di beberapa perangkat memerlukan software untuk membaca kartu SDHC. Oleh karena itu, pergi ke website produsen perangkat dan cari tahu apakah upgrade diperlukan atau tidak. Untuk lebih jelas tentang SDHC silahkan rujuk pada link ini..

Perbaikan #2. Coba masukkan/colokkan kartu yang bermasalah ke card reader dan hubungkan ke sistem anda.
  1. Klik "Start" pilihan dari task bar Windows Anda dan kemudian pilih opsi "Computer".
  2. Cari kartu SD Anda biasa bertuliskan "Devices with Removable Storage" dan perhatikan huruf drive yang digunakan.
  3. Selanjutnya, klik opsi "Start" lagi dan ketik "cmd" di kotak "search".
  4. Klik kanan "cmd" dan kemudian pilih opsi "Run as administrator".
  5. Sebuah jendela perintah akan terbuka dan anda dapat memperbaiki kartu memori yang korup anda dari sini.
  6. Ketik perintah "chkdsk" diikuti dengan huruf drive yang sesuai dengan kartu SD, kemudian ditambah / f. di akhiri menekan enter. Format syntaxnya seperti dibawah ini.
  7. chkdsk [volume:] [/f]
  8. Setelah anda menekan "enter", perintah Chkdsk akan memeriksa kemungkinan kesalahan dan mencoba untuk memperbaiki kartu SD yang korup.
  9. Ikuti pesan permintaan selanjutnya..
  10. Terakhir, periksa huruf drive yang ditugaskan untuk kartu SD anda untuk memverifikasi dan memastikan apakah file tersebut pulih atau tidak.
Perbaikan #3. Hubungkan kartu SD anda via card reader untuk melakukan pembacaan kartu pada sistem, jika sistem operasi tidak memunculkan nama drive baru untuk kartu SD tersebut, Akan tetapi mendapatkan pesan "Masukkan disk ke dalam drive E:" menunjukkan bahwa memang tidak dapat membaca kartu. Untuk mengatasi masalah ini coba tetapkan huruf drive baru untuk kartu yang terhubung melalui pengaturan sistem operasi Anda (gunakan melalui Computer Management) .

Perbaikan #4. Jika tidak ada file yang terlihat/dibaca, coba anda klik kanan pada huruf drive dan pilih "Properties." Jika anda melihat ruang yang digunakan pada kartu dan jika itu menunjukkan semua atau hampir semua ruang bebas, maka  file atau direktori telah terhapus. (ruang kosong diwakili dengan warna pink dan yang terpakai diwakili dengan warna biru). Dalam hal ini, anda dapat menggunakan Sandisk inbuilt solution yang mungkin mengembalikan semua file dihapus dengan mudah.

Perbaikan #5. Jika Anda dapat membaca semua file tetapi tidak dapat menyelamatkan mereka, maka kartu anda mungkin dalam modu "write protected mode". Coba "Unlock switch" yang ada pada saklar kartu SD untuk merubah ke mode membebaskan "write protected mode" untuk file pada kartu.

Jika anda masih tidak dapat membaca atau menulis ke kartu, maka kemungkinan file anda hilang atau entah kenapa tidak dapat diakses. Untuk memperbaikinya, anda mungkin perlu menggunakan tool diagnostik disk. Meskipun Anda juga masih bisa mendapatkan akses untuk memformat ulang, tapi itu akan menghapus semuanya apa yang pada kartu SD anda. Oleh karena itu, pastikan anda telah memulihkan semua file yang tersimpan dan menyalin semuanya ke drive lain sebelum memformat SD Card.

Ada sejumlah tool atau software recovery foto yang tersedia secara online yang cukup efisien dalam hasil pemulihannya. Anda hanya perlu memilih tool yang tepat dan mencoba untuk memulihkan file, foto, video yang hilang, terhapus dan yang tidak dapat diakses dari kartu SD.

Perbaikan #6. Tidak ada yang berhasil ??
Ya, Software Recovery mungkin adalah solusi Anda! Setiap kali kartu SD tidak dapat diakses atau terformat, maka sebagian besar data yang disimpan akan hilang. Coba gunakan aplikasi Stellar Phoenix Photo Recovery, karena di klaim oleh pembuatnya bahwa software ini mampu dan dirancang khusus untuk mengambil semua foto dan file yang hilang dari tempat yang sebenarnya sehingga membuat terlihat.

Catatan!
Dalam rangka untuk mengembalikan semua file yang hilang dari kartu SD, pastikan kartu tidak rusak secara fisik.

Langkah-langkah pemulihan untuk mengembalikan file, secara singkat seperti dibawah ini:
  1. Download aplikasi Stellar Phoenix Photo Recovery versi freewarenya, tersedia untuk sistem operasi Windows dan Mac.
  2. Install, jalankan aplikasi dan hubungkan kartu SD ke sistem anda untuk memulai pemulihan foto / musik / video dari kartu SD. Selanjutnya, pilih opsi dari antarmuka utama 'Foto, Audio, & Video Recover'.
  3. Perangkat lunak ini menampilkan semua daftar volume yang terhubung termasuk drive eksternal. Pilih drive yang ingin Anda scan untuk pemulihan dan klik 'Start Now'. Di sini, anda juga akan mendapatkan pilihan untuk 'Advanced scan'. Opsi 'Advanced scan' memungkinkan Anda memilih file tertentu untuk memindai dari daftar file seperti 'Photo','Audio', atau 'Video'. Selain itu, Anda juga dapat memilih berbagai data dari media penyimpanan. Opsi ini memungkinkan Anda menyesuaikan proses dan meminimalkan waktu pemindaian
  4. Setelah memulai pemindaian Anda akan dapat melihat proses di bar proses scanning. Semua file yang ditemukan akan terdaftar seperti format yang struktur di kiri kaca jendela samping.
  5. Sekarang, Anda dapat melihat item pratinjau yang tercantum dengan mengklik pada itemnya. Di sini, anda juga dapat memilih file yang diinginkan dan klik tombol 'Recover' untuk memulai pemulihan.
  6. Jendela berikutnya meminta anda untuk memilih lokasi untuk menyimpan pemulihan file-file multimedia. Pilih lokasi yang diinginkan dan simpan file-file yang terpilih.

Hal yang perlu diingat untuk melindungi kartu SD (SD Card) Anda!
Agar SD Card anda aman dan tetap terlindungi dari kerusakan/corrupt hal-hal dibawah ini perlu anda ketahui :
  1. Jangan pernah mengubah/mengeluarkan kartu memori saat kamera Anda atau perangkat lain dalam keadaan menyala/on.
  2. Jangan pernah mengeluarkan kartu memori anda saat menyimpan dan melihat foto.
  3. Jangan mengambil atau melihat gambar baru pada baterai modus rendah.
  4. Gunakan kartu SD dari merek terpercaya seperti SanDisk, Panasonic, Sony, Kingston, Lexar, Olympus, dll

Catatan!
Artikel ini sebagai opsi-opsi perbaikan terhadap SD Card yang corrupt, pada dilain kasus mungkin masih ada cara lain yang belum tertera pada tutorial pada artikel ini. Aplikasi yang digunakan pada link yang tersedia, semua resiko menjadi tanggung jawab anda sendiri untuk itu pastikan sebelum mencobanya.

Demikian artikel ini saya publish dengan harapan masalah dari cara memperbaiki Memory Card SD yang corrupt ini dapat anda atasi.

Bermanfaat? silahkan anda share...

6 Cara Memperbaiki Memory Card SD yang Corrupt bagi Pemula 6 Cara Memperbaiki Memory Card SD yang Corrupt bagi Pemula Reviewed by Om Rudi on April 19, 2016 Rating: 5

Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.