Cara Upload File JavaScript Host di Google Drive - Hanyalah Berbagi Informasi

Cara Upload File JavaScript Host di Google Drive




Banyak blogger menggunakan template kustom untuk blog mereka dan template kustom yang mana kadang-kadang membutuhkan file JavaScript eksternal, tapi sayangnya kita tidak bisa mengelola / mengupload file JavaScript di Blogger karena Blogger hanya memungkinkan kita untuk meng-upload foto dan video.

Sebelumnya, kebanyakan blogger menggunakan Google Code (http://code.google.com/hosting) untuk sebagai media penyimpan file-file proyek mereka, selain sangat mudah digunakan dan layanan ini gratis untuk digunaka. Tapi semenjak Google mengumumkan bahwa mereka menutup / disable hampir semua pilihan upload/download untuk layanan Proyek hosting di Google Code, kita harus beralih ke Google Drive seperti yang direkomendasikan oleh Google sendiri.


Lalu bagaimana Cara upload file JavaScript di Google Drive ?
Sebenarnya tidak begitu sulit untuk menggunakan Google Drive, hanya membuat folder, meng-upload file JavaScript (atau file lain seperti gambar, video, dokumen termasuk PDF dan file Microsoft Office) dan kemudian mengubah pengaturan berbagi file dari "pribadi" untuk "publik di web".

Tetapi bagian yang sulit adalah mendapatkan link langsung "direct link" yang tepat untuk file JavaScript, sehingga kita dapat menggunakannya pada template blogger.

Ikuti langkah-langkah di bawah ini agar file JavaScript Anda menggunakan Google Drive dapat digunakan pada template blog anda:

Tahap Awal :
Link yang anda perlukan dari Google Drive adalah dengan format dibawah :
https://googledrive.com/host/folder-id/filename

Contoh Format script yang digunakan pada blogger adalah seperti ini :
<script type='text/javascript' src='https://googledrive.com/host/file-id'></script>

Contoh Kasus file Javascript yang akan diupload dan digunakan :
https://googledrive.com/host/0B9xxHWxf11tILWxuTGFfc1J1TXc/hanyalah-sitemap.js


Langkah #1:
Login ke akun Google drive > Klik Create > Pilih Folder baru


Langkah #2:
Ketik nama folder (Hanyalah-js) dan klik tombol Buat

Langkah #3:
Sekarang klik pada nama folder yang baru dibuat tadi (folder : Hanyalah-js) untuk masuk ke dalamnya, bisa juga dengan double klik pada nama folder tersebut.

Langkah #4:
Klik Kanan > Klik opsi Unggah file ..

Langkah #5:
Pilih file yang akan diupload > Klik Open

Langkah #6:
Proses upload selesai dan menghasil file-ID ( 0B9xxHWxf11tILWxuTGFfc1J1TXc ).


Langkah #7:
Sampai disini kita sudah bisa/mendapatkan link javascript yang akan kita terapkan di template kita masing-masing.

Kasus file Javascript yang telah diupload dan digunakan :
https://googledrive.com/host/0B9xxHWxf11tILWxuTGFfc1J1TXc/hanyalah-sitemap.js

Format script yang digunakan pada blogger adalah seperti ini :
<script type='text/javascript' src='https://googledrive.com/host/0B9xxHWxf11tILWxuTGFfc1J1TXc/hanyalah-sitemap.js'></script>

Demikian artikel cara upload file javascript di website google drive, artikel ini Hanyalah sebagai bahan bagi anda yang masih kesulitan bagaimana cara mengupload file javascript untuk digunakan di template blog anda.

Terakhir, Jika merasa artikel ini bermanfaat bagi anda, tidak berlebihan bila anda dapat berbagi kepada orang lain dengan menggunakan tombol di bawah. Terima kasih!

Cara Upload File JavaScript Host di Google Drive Cara Upload File JavaScript Host di Google Drive Reviewed by Om Rudi on Maret 27, 2016 Rating: 5

Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.